Catatan Pengalaman Hidupku dan Berbagi Informasi Menarik

Cara Daftar dan Mengaktifkan Internet Banking BRI

Cara daftar Internet banking BRI, Internet BRI, e-banking BRI
 Internet Banking BRI (ib.bri.co.id.)
Berbagai macam kemudahan apabila kita mempunyai tabungan BRI. Setelah sebelumnya di bahas fitur e-banking yaitu SMS Banking BRI yang dapat anda lihat di Mudahnya daftar SMS banking BRI masih ada fitur lain di layanan e-banking ini yaitu Internet Banking BRI. Apabila di anda dapat terhubung dengan internet maka akan di mudahkan dalam berbagai macam transaksi keuangan. Dari hanya sekedar melihat saldo terakhir sampai pembayaran transaksi berbelanja online, membayar pulsa lewat internet, membeli voucher pulsa dan lain sebagainya. Pokoknya berbagai macam transaksi perbankan dapat di lakukan dengan internet banking.

Apa persyaratan dapat menggunakan Internet Banking BRI?
Persyaratannya adalah :
  • Syarat utamanya adalah anda harus menjadi nasabah Tabungan BRI (BritAma, BritAma Junio atau Simpedes) dan mempunyai ATM BRI (BRI Card). Apabila anda belum mempunyai ATM BRI segera ke kantor BRI untuk mendapatkannya.
  • Memiliki Ponsel dengan Provider / operator seluler yang telah bekerjasama dengan BRI yaitu :  Operator GSM : Telkomsel, Indosat, XL dan Operator CDMA : Telkom Flexy, Bakrie Telecom dan Mobile-8
Ponsel /handphone di gunakan untuk melakukan permintaan mTOKEN. mTOKEN adalah kode pengaman tambahan yang diberikan kepada pengguna Internet Banking untuk dapat melakukan transaksi financial. mTOKEN dikirim melalui SMS setelah anda melakukan permintaan mTOKEN.
  • Mempunyai Email. Email di gunakan untuk menerima pemberitahuan/notifikasi transaksi Internet Banking BRI.
Langkah- langkah mengaktifkan Internet Banking BRI
  1. Carilah ATM BRI terdekat
  2. Masukkan Kartu ATM (BRI Card) dilanjutkan masukkan PIN Anda untuk masuk ke menu utama. Pada layar ATM pilih "Transaksi Lain" selanjutnya pilih "Registrasi" lalu pilih "Internet Banking".
  3. Langkah berikutnya adalah membuat user ID, buatlah user ID sesuai keinginan anda. selanjutnya membuat password, bila sudah di masukkan passwordnya "Benar", kemudian konfirmasi password lagi pilih "Benar". User ID dan Pasword ini nantinya di gunakan untuk login pada menu internet banking BRI. Dan password ini tidak harus sama dengan PIN/Password Kartu ATM
  4. Ikuti petunjuk pada layar ATM BRI seperti memasukkan pasword Internet Banking BRI sebayak 6 digit. Pasword ini nantinya anda gunakan untuk login pada menu internet banking BRI dan tidak harus sama dengan pasword ATM.
  5. Tunggu proses registrasi beberapa saat, jika berhasil akan keluar print out yang berisi user ID anda. Sampai langkah ini proses aktivasi internet Banking anda sudah berhasil.
  6. Bila proses 1-5 telah dilalui kita baru butuh fasilitas internet. Buka browser dan bukalah website internet banking BRi di https://ib.bri.co.id. Kemudian klik login dan masukkan user ID dan password yang telah anda buat saat registrasi di ATM dan masukan kode validasi yang muncul di halaman login.
  7. Pada saat login pertama kali anda akan di hadapkan pada lembar persetujuan dan ketentuan menggunkan Internet Banking BRI, bacalah dan jika anda setuju dengan syarat-syarat menggunakan internet banking BRI silahkan pilih "Terima"
  8. Setelah itu akan muncul form untuk mengganti password. Silahkan ganti dengan password anda dengan yang baru, password minimal 8 digit dan harus berisi kombinasi angka dan huruf.
  9. Bila semua di lalui anda telah login ke Internet Banking BRI, akan ada beberapa menu di layar browser berupa data bank seperti informasi saldo, mutasi rekening dan lainnya.
  10. Sampai disini proses aktifasi internet banking BRI sudah berhasil, dan anda sudah bisa melakukan cek saldo dan juga riwayat 5 transaksi terakhir. Namun internet banking anda belum dapat di gunakan untuk transaksi financial seperti transfer uang, pembayaran tagihan dll.
  11. Untuk dapat menggunakan internet banking untuk transaksi financial anda harus memiliki m-TOKEN
  12. Untuk mendapatkan m-Token BRI. Silahkan anda baca di Cara Mendapatkan m-TOKEN untuk Internet Banking BRI
  13. Jika semua langkah telah dilalui maka internet banking BRI anda telah sepenuhnya aktif. Dan anda bisa melakukan transaksi finansial anda cukup dengan Komputer atau laptop dirumah.
Sekarang anda tidak perlu repot-repot pergi ke bank BRI ataupun ATM untuk transaksi perbankan anda
Jika langkah-langkah di atas masih kurang jelas silahkan datang ke kantor BRI terdekat atau bisa juga CALL BRI 500 017, (021) 500 017 dari ponsel atau 021) 57 987 400, 14017. Selamat ber Internet Banking BRI

Sedangkan untuk mengetahui cara aman bertransaksi dengan Iternet Banking silahkan baca Tips aman bertransaksi Internet banking BRI

thumbnail Title: Cara Daftar dan Mengaktifkan Internet Banking BRI
Posted by: Tegar Firdaus
Published : 2013-02-18T21:11:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Cara Daftar dan Mengaktifkan Internet Banking BRI

6 komentar :

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai e-banking, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6186/1/jurnal.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus
  2. cara transfer ke bank lain gimana gan ???

    BalasHapus
  3. Wah rumit juga ya,kenapa gak lewah online aja untuk mendapatkan emain n pasword e-bankingnya.

    BalasHapus
  4. Kalo id'nya lupa gmn ya..cara dapetin id baru..skrng lg diluar negri..minta bantuan'nya dong..mksh..

    BalasHapus