Catatan Pengalaman Hidupku dan Berbagi Informasi Menarik

Prosedur Pembayaran PKB dan Perpanjangan STNK

Bulan januari kemarin tiba waktunya membayar PKB (Pajak kendaraan bermotor) mobil butut saya. Kebetulan saat itu hanya perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan bayar PKB. Karena STNK berlaku untuk 5 tahun sekali sedangkan PKB setahun sekali. Saya menuju Kantor Samsat Pembantu Cepu. Hehehe.. kebetulan di cepu sudah ada kantor samsat. Walau judulnya samsat pembantu.

Berikut Prosedur Perbanjangan STNK dan Pembayaran PKB. Di samsat Cepu :
  • Langsung Aja Menuju Loket Pendaftaran di situ Saya dilayani 2 orang satunya dari polisi lalu lintas satunya dari jasa raharja (kalo gak salah) atau mungkin dari dinas pajak. syarat –syaratnya sebagai berikut :
- KTP Asli Pemilik Kendaraan Bermotor Yang Masih Berlaku + 1 lembar Foto copy nya
- STNK ASLI + 1 lembar Foto copy
- Asli resi Pembayaran PKB + 1 lembar Fotocopy
- 1 lembar Foto copy BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
  • Setelah itu saya di minta menuju Ke loket Cek fisik dan di layani 2 orang Poltas.. eh di loket cek fisik saya di minta bayar Rp. 5000 untuk biaya Cek fisik. Cuman dapat bukti cek Fisik dan gak di periksa kok Fisik Kendaraanku
  • Kemudian saya mengisi formulir yang saya dapat dari pendaftaran dan tanda tangan deh di bawah (eh aku Cuma tanda tangan karena udah di isi oleh pak polisi)
  • Setelah di isi kemudian saya serahkan berkas formulir yang saya isi tadi ke bagian penyerahan berikut saya lampirkan bukti fisik yang telah saya dapatkan tadi
  • Saya mendapat kartu Antrian.. saat itu saya mendapat nomor antrian A93.. eh sudah komputerisasi kok antriannya
  • Saya tunggu aja semua proses udah di jalanin petugasnya. Ada pak polisi , dinas perpajakan jasa raharja
  • Setelah menunggu kira- kira 20 menit (lumayan cepet kebetulan yang antri gak banyak) akhirnya mendapat panggilan pertama.. Panggilan itu saya di minta membayar di kasir jumlah PKB yang harus di bayar
  • Langsung aja menuju Kasir dan menyediakan sejumlah uang sesuai Jumlah PKB.
  • Kemudian saya menunggu lagi. Setelah kira-kira 5 menit saya dapat panggilan kedua dari Bagian STNK
  • Eh ternyata sudah jadi STNK perpanjangan dan Resi Pajak berikut KTP asli yang saya bawa tadi bisa saya ambil. Eh iya di loket pengambilan STNKu saya di minta mengisi formulir pengambilan STNK (eh di situ nggak bayar kok)

Itu semua Prosedur Pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan Perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) di SAMSAT Cepu. Buat pembaca yang belum pernah bayar sendiri gak perlulah lewat calo, mudah banget kok. Tp kalo sibuk banget gak papa deh itung itung berbagi rezeki buat biro jasa pengurusan STNK

thumbnail Title: Prosedur Pembayaran PKB dan Perpanjangan STNK
Posted by: Teguh Subianto
Published : 2012-02-14T14:53:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Prosedur Pembayaran PKB dan Perpanjangan STNK

1 komentar :