Catatan Pengalaman Hidupku dan Berbagi Informasi Menarik

Waspada ber- Internet Banking di Jaringan WIFI Hotspot Publik

keamanan internet banking, bahaya free hotspot, bahaya internet banking,
Ilustrasi (source : ciol.com)
Jaman sekarang internet bukanlah barang baru, apalagi sekarang menjamur free hotspot publik baik di mall, cafe kantor dan lainnya. Tanpa di sadari saat kita dapat mengakses internet di jaringan WiFi hotspot publik ada bahaya yang mengancam. salah satunya saat kita melakukan transaksi perbankan seperti internet banking. untuk itu  tak salah kiranya untuk Waspada ber- Internet Banking di Jaringan WIFI Hotspot Publik

Fitur Internet Banking hampir semua Bank memilikinya. Hal tersebut untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah bank untuk melakukan transaksi keuangan lewat fitur ini. Berbagai macam cara keamanan perbankan untuk melindungi nasabahnya tentunya sudah di berikan.sebagai contohnya yang sudah di bahas tentang Mudahnya mendapatkan mToken BRI. mToken merupakan kode rahasia yang di berikan pihak bank untuk keamanan transaksi Internet banking, di bahasan yang lalu juga sudah di jelaskan Tips aman bertransaksi Internet banking BRI. Berharap dengan tulisan ini kita tetap waspada terhadap berbagai hal yang mungkin dapat mengancam saat bertransaksi perbankan secara online.

Perusahaan keamanan Kaspersky Lab, mengumumkan bahwa data pada perangkat mobile (ponsel dan tablet PC) dapat dengan sangat mudah di ambil alih oleh para penjahat di dunia maya saat di gunakan di jaringan wifi hotspot publik.

Pakar keamanan Kaspersky Lab melakukan kepada survey 9000 pengguna perangkat mobile di negara Amerika Serikat, Eropa, dan Rusia pada awal tahun 2012 untuk mengetahui perilaku pelanggan terhadap teknologi dan ancaman keamanan mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Dalam survey tersebut sekitar 70% pengguna tablet PC dan 53% pengguna ponsel menggunakan jaringan WiFi Hotspot publik saat ber internet. Dan sebanyak 58% responden yang disurvei menggunakan jaringan WiFi hotspot publik untuk komunikasi data. Sebagian komunikasi data yang di gunakan adalah untuk bertransaksi internet banking.

Dalam Jaringan wifi Hotspot publik salah satunya adalah data yang ditransfer melalui berbagai tautan bisa dengan mudah diintersepsi oleh penjahat dunia maya, termasuk data login untuk online banking, hal tersebut di ungkap oleh pakar keamanan kaspersky lab yang di kutip oleh detikinet. Kaspersky juga mengatakan: "Hal ini sangat membahayakan karena intersepsi data finansial penting merupakan masalah utama bagi sekitar 60% pengguna perangkat mobile. Yang membuat semakin mengkhawatirkan, perangkat mobile umumnya kurang terproteksi atas akses tanpa otorisasi dari perangkat lain, dibanding komputer." .

Survei yang dilakukan tersebut juga mengungkap kenyataan bahwa solusi keamanan hanya terinstal pada 50% dari tablet PC, 28 % smartphone dan kurang dari 25% ponsel. Padahal dari semua pengguna perangkat mobile tersebut sudah sekitar 82% memiliki software antivirus di komputer dan laptop mereka.

Data lain juga di ungkap walaupun didesain sebagai perangkat bergerak, sekitar 49% responden yang pengguna tablet PC menggunakannya untuk mengakses internet di rumah dan 39% nya menggunakannya di kantor.

Kaspersky Lab juga mengatakan"Jaringan kantor biasanya memiliki tingkat perlindungan yang lebih baik dan menggunakan protokol dengan enkripsi untuk memastikan keamanan data yang ditransfer. Namun, ini tidak berarti usaha pengamanan lain untuk melindungi perangkat mobile dapat diabaikan,"

Untuk itu Waspadalah ber- Internet Banking di Jaringan WIFI Hotspot Publik.

thumbnail Title: Waspada ber- Internet Banking di Jaringan WIFI Hotspot Publik
Posted by: Tegar Firdaus
Published : 2013-03-27T02:35:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Waspada ber- Internet Banking di Jaringan WIFI Hotspot Publik

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar