Catatan Pengalaman Hidupku dan Berbagi Informasi Menarik

Keuntungan & Kerugian Belanja Online

Online Shopping Cart (jewel-staite.net) 
Meningkatnya pengguna internet di Indonesia berimbas pula munculnya bisnis online. Salah satu bisnis online adalah jual beli secara online. Berbelanja lewat internet ( Online Shopping) memang mengasyikkan. Tanpa harus pergi ke toko atau mall kita sudah dapat berbelanja. Cukup dengan Modal internet dan komputer kita sudah bisa membuka website toko online, tinggal pesan barang yang di pilih kemudian transfer uang beberapa hari kemudian barang yang kita pesan sudah nyampai di rumah. Bahkan sekarang lewat Situs jejaring Sosial Facebook, Group BB dan lainnya pun banyak yang menggunakannya. Tapi di balik kemudahan tersebut pasti ada kekuranggannya. Berikut sekilas keuntungan dan kerugian berbelanja online :

Keuntungan Berbelanja Online:
1. Praktis dan menghemat waktu
Dengan duduk atau tiduran di depan computer kita sedah bisa berbelanja berbagai macam barang baik pakaian, alat elektronik alat kesehatan dan sebagainya. Misalnya kita kalau kita pengen beli baju gak perlu ke butik atau mall. Tinggal buka website toko baju online kemudian tinggal milih barang yang kita inginkan. Belanja dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada akses internet.

2. Banyak pilihan barang
Toko online menyediakan apa yang kita butuhkan. Semuanya hampir ada. Dari sekedar barang sederhana dan murah sampai barang yang berharga mahal. Semuanya ada, tinggal kita buka website yang menyediakan kebutuhan kita. Kalau kita mau beli alat elektronik tinggal buka aja website toko elektronik dan sebagainya. Yang lebih asyik lagi kita dapat dengan mudah membandingkan harga dari toko satu dengan toko lainnya dan Mudah Mendapatkan jenis atau model barang terbaru. Dan terkadang kita sulit mencari barang yang di inginkan di kota kita tetapi di toko online banyak yang menyediakan.

3. Harga relative lebih murah.
Kebanyakan toko online harganya lebih murah daripada toko konvensional. Asal pintar-pintar kita membandingkan harga di pasaran. Karena pemilik toko online biasanya tidak perlu menyediakan kios khusus sehingga mereka mampu menghemat biaya operasional dan lainnya sehingga toko online biasanya bisa menjual barang lebih murah daripada di pasaran. Bahkan beberapa juga menyediakan barang grosir sehingga sehingga harga lebih murah.

Kerugian belanja Online :
1. Barang tidak bisa dicoba
Bila berbelanja pakaian terutama baju ataupun yang lainnya nggak bisa kita coba. Tapi biasanya toko online menyediakan ukurannya. Kita harus memperhatikan ukuran yang tertera di toko online tersebut. Tidak bisa memegang kainnya, bagaimana kehalusan kainnya dsb.

2. Kualitas barang tidak sesuai
Dalam website toko online yang di pajang adalah foto/gambar barak yang di jual. Kesamaan barang hasil foto/gambar dengan yang kita lihat di monitor tidak bisa 100% sama. Mungkin kesamaan dengan barang yang asli hanya 75-90% saja. Hal itu di pengaruhi dari efek pencahayaan dan monitor komputer pembeli.

3. Ongkos Kirim Mahal.
Tentunya barang yang kita beli tidak serta merta langsung dapat kita ambil. Pemilik toko online masih memerlukan jasa pengiriman. Dan yang menentukan biaya kirim barang adalah pemilik jasa pengirimaan barang seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan sebagainya

4. Resiko Penipuan
hati-hati kita terhadap toko online yang Cuma menipu. Pastikan wbsite tempat belanja online terpercaya. Resikonya: uang sudah ditransfer tapi barang tidak di kirim dan gak pernah dikirim selamanya.
Selamat Berbelanja Online..

thumbnail Title: Keuntungan & Kerugian Belanja Online
Posted by: Unknown
Published : 2012-06-25T15:02:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Keuntungan & Kerugian Belanja Online

7 komentar :

  1. resiko penipuan adalah hal yg paling sering kita takuti om jika belanja online, jadi harus ekstra hati hati

    BalasHapus
  2. Wah mantap postingannya, blognya pun keren

    BalasHapus
  3. Wah keren juga gan..
    ternyata selain mendapatkan barang yg kita mau, kita mendapatkan keuntungan belanja online yg sebelumnya blum pernah aku tahu..hehe :D

    BalasHapus