Catatan Pengalaman Hidupku dan Berbagi Informasi Menarik

Informasi Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Dalam Negeri Bagi SDM Kesehatan Tahun 2012

Logo Kemenkes RI
Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI) lewat Badan PPSDM (Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) Kesehatan dalam situs resminya www.bppsdmk.depkes.go.id mengumumkan Surat Edaran tentang Ketentuan Pelaksanaan Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Dalam Negeri Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan Tahun 2012.
Sasaran Tugas belajar (Tubel) Kemenkes RI meliputi:
a. Peserta tugas belajar Reguler dengan sumber dana dari DIPA Pustanserdik SDM Kesehatan, diprioritaskan khusus bagi tenaga kesehatan pada jenjang pendidikan, sebagai berikut:

  1. Pendidikan Diploma IV Mitra Spesialis (khusus tenaga kesehatan di RS Pusat dan Daerah)
  2. Pendidikan S-1 (Diutamakan Unit Pusat)
  3. Pendidikan S-2 (Lebih diutamakan bagi tenaga kesehatan dari Unit Pusat dan UPTnya)
  4. Pendidikan S-3 (Lebih diutamakan bagi tenaga kesehatan dari Unit Pusat dan UPTnya)

b. Peserta tugas belajar dengan sumber dana dekonsentrasi DIPA Dinas Kesehatan Provinsi, diprioritaskan khusus bagi sumber daya manusia kesehatan yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan, pada jenjang pendidikan D-lll, D-IV, dan S1.

c. Peserta tugas belajar dengan sumber dana dari DIPA Poltekkes Kementerian Kesehatan, diprioritaskan khusus bagi sumber daya manusia kesehatan yang bekerja di Poltekkes Kementerian Kesehatan setempat, pada jenjang pendidikan DIV, S-1, S-2 dan S-3.


Selengkapnya untuk Surat Edaran Tugas Belajar Kemenkes RI dapat anda download di bawah ini

Link 1 Download Surat Edaran Tugas Belajar Kemenkes 2012
atau
Link 2 Download Surat Edaran Tugas Belajar Kemenkes 2012 (727 Kb)

Sedangkan untuk Lampiran Surat Edaran Tugas Belajar Kemenkes RI dapat anda download di bawah ini :

Link 1 Download lampiran Surat Edaran Tugas Belajar Kemenkes 2012
atau
Link 2 Download lampiran Surat Edaran Tugas Belajar Kemenkes 2012 (14591kb)

Atau anda bisa kunjungi di situs resminya :.bppsdmk.depkes.go.id


Update : Pengumuman Calon Peserta Tugas Belajar Diploma IV Mitra Spesialis yang ikut seleksi Akademik Tahun 2012 buka Klik DISINI

 
Tag : Tubel Depkes 2012, Tubel Kemenkes 2012, Pengumuman Tubel Kemenkes, Tugas Belajar Depkes, Tugas Belajar D IV / D4, Tugas Belajar S1, Tugas Belajar S2, Tugas Belajar S3

thumbnail Title: Informasi Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Dalam Negeri Bagi SDM Kesehatan Tahun 2012
Posted by: Tegar Firdaus
Published : 2012-06-10T19:39:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Informasi Penerimaan Calon Peserta Tugas Belajar Dalam Negeri Bagi SDM Kesehatan Tahun 2012

53 komentar :

  1. Tambahan untuk persyaratan
    Persyaratan Umum:
    1. Program studi/Peminatan yang diambil, sesuai dengan kebutuhan organisasi/unit
    pengusul.
    2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
    3. Masa kerja minimal 2 (dua) tahun sejak diangkat sebagai PNS terhitung saat seleksi
    administrasi.
    4. Pangkat serendah-rendahnya :.
    • Program Pendidikan D-IV dan S1 : II c
    • Program Pendidikan S-2 : III a
    • Program Pendidikan S-3 : III b
    5. Minimal 3 tahun sejak selesai mengikuti program tugas belajar sebelumnya, termasuk
    yang mengikuti ijin belajar.
    6. DP3 dalam 2 tahun terakhir bernilai baik.
    7. Memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan diri, berdedikasi dan loyal pada tugas.
    8. Memiliki kemampuan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan yang akan ditempuh
    dengan tepat waktu.
    9. Tidak dalam status peserta tugas belajar dan atau mengikuti pendidikan di institusi
    pendidikan lainnya, yang dinyatakan dalam surat pernyataan.
    10. Berbadan sehat dan bebas narkoba, yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter
    pemerintah.
    11. Memenuhi persyaratan/ketentuan yang ditetapkan oleh institusi pendidikan.
    12. Dibebastugaskan sementara dari jabatan fungsionalnya apabila menduduki jabatan
    fungsional.
    13. Diberhentikan dan jabatan strukturalnya apabila sedang mmenduduki jabatan struktural.
    14. Tidak menuntut penyesuaian ijazah ke dalam pangkat setingkat lebih tinggi apabila tidak
    ada formasi.
    15. Tidak sedang mengikuti pendidikan di institusi pendidikan lain yang dinyatakan dalam
    surat
    16. Batas usia Diploma IV, maksimal 40 tahun, S1, S-2 dan S-3 maksimal 45 tahun (31
    Desember 2012)
    17. Batas usia S-2 dan S-3 bagi fungsional dosen, peneliti dan Wl, maksimal 55 tahun
    (hingga 31 Desember 2012)
    18. Tidak sedang:
    a) Menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat
    b) Menjalani cuti di luar tanggungan negara
    c) Dalam proses perkara pidana
    d) Melaksanakan pendidikan dan pelatihan penjenjangan
    19. Tidak pernah:
    a) Dijatuhi jenis hukuman disiplin tingkat berat
    b) Gagal dalam tugas belajar sebelumnya yang disebabkan oleh kelalaiannya; dan atau
    c) Dibatalkan mengikuti tugas belajar karena kesalahannya
    20. Menandatangani perjanjian tugas belajar di atas materai, yang memuat hak dan kewajihan
    dan sanksi.
    Semoga Membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Gan.. Semua dah lengkap kok bila sudah download surat Edarannya...

      Hapus
    2. Maaf Pa... klo program untuk 2013 kira-kira kapan ya ?

      Hapus
    3. Untuk Informasi program tugas belajar kemenkes RI tahun 2013 biasanya tiap tahun ada. Bulan di mulai program biasanya sama dengan saat di umumkan pada tahun ini cuman beda tahun saja.

      Hapus
    4. Wah, kenapa syaratnya harus 3 tahun stlh selesai pendidikan tubel /ijin belajar?,..kasian yang ijin belajar kan dulu biaya sendiri,..kalo dulu nya tubel sih g mslh,..:(

      Hapus
    5. kpn program tubel kementerian ri th 2013 ?

      Hapus
    6. Naah tambahan lagi buat perjalanan hidup kalian...jangan lupa nyiapin duit kalau ada oknum yang mintain...ato klo mo iklas silakan saja..kalau saya dimintain utpeti 2 jt..oleh oknumnya langsung katanya dia yg bantuin...dan cairnya duit jg agak lama...setelah akhir semester, pandai2 lah mengelola keuangan bagi peserta tugas belajar yg hanya mengandalkan dari gaji pokok apalagi berasal dari luar daerah....klo beasiswa cair biasanya belakangan baru bisa agak tersenyum.

      Hapus
  2. Thanks Infonya....
    Downloadnya lumayan lama... Karena Netku Lemot

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan pengumumannya hasil seleksinya mas?

      Hapus
    2. Untuk Pengumuman Hasil seleksi bisa di lihat dalam Jadwal Pelaksanaan Program yang telah ada dalam Lampiran Surat Edaran yang dapat di download di link di atas.

      Hapus
  3. kapan pengumuman hasil seleksi administratifnya mas? terus klu lulus, tes tertulisnya kapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Pengumuman Hasil seleksi bisa di lihat dalam Jadwal Pelaksanaan Program yang telah ada dalam Lampiran Surat Edaran yang dapat di download di link yang saya sediakan atas.

      Hapus
  4. Bang, aku kan udah selesai DIV Mitra Spesialis 2011 kmrn.
    ada saran kah buat nerusin k S2? ada program kah?
    ya paling tidak buat 2 ato 3 tahun k depan.
    selagi pimpinan sedang getol2nya mendukung stafnya buat lanjut study.
    trima kasih Bang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda baru lulus tahun 2011 anda baru bisa mendaftar tugas belajar lagi setelah minimal 3 tahun sejak selesai mengikuti program tugas belajar sebelumnya, termasuk yang mengikuti ijin belajar sesuai dengan Peersyaratan umum Tugas belajar.
      Kalau mau meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi itu sangat baik untuk perkembangan karir anda. sedangkan program tubel untuk 2-3 tahun kedepan berharap masih ada. biasanya Kemenkes tiap tahun mengadakan program Tugas belajar. jadi Rajin-rajinlah mencari informasi.

      Hapus
    2. Pak saya dari biak, papua mau nanya, kira-kira kapan ada beasiswa untuk D4 kebidanan
      dari kemenkes bagi tubel?

      Hapus
    3. Untuk tahun ini (2013) belum di umumkan beasiswa dari PPSDM Kemenkes di tunggu dulu pengumumannya , biasanya pertengahantiap tahun di buka program tugas belajar. di tunggu saja pengumumannya yang biasanya pada pertengahan tahun..

      Hapus
  5. Pak, bagaimana caranya Untuk tubel s2 ke luar negeri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di akhir tahun biasanya sudah tidak ada formasi tugas belajar. Tugas belajar biasanya ada setiap tahun. tergantung kementrian mana yang menyelenggarakan. rajin2 lah mencari informasi. dengan ikut milis beasiswa, dan lainnya.

      Hapus
    2. Info beasiswa S2 luar negeri dari bppsdm kemenkes biasanya pada bulan apa? Bagaimana cara dapat info tsb. Makasih pak:)

      Hapus
    3. Info beasiswa luar negeri Kemenkes RI biasanya di umumkan pada tengah tahun setiap tahunnya yaitu antara bulan mei dan juni.

      Hapus
  6. bang saya sekarang sedang menjalankan kuliah di FKM UI angkatan 2012 dengan biaya sendiri , apakah saya masih boleh untuk mengajukan permohonan tubel untuk tahun 2013, saya dari NTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas Belajar atau Tubel kemenkes di tujukan Khusus buat PNS yang bertugas di pelayanan kesehatan atau pendidikan, Jadi tidak di di tujukan bagi mahasiswa yang sedang kuliah dan atau yang lainnya. Kalau laurens Ingin mengajukan permohonan tubel tidak bisa. Tetapi anda dapat mengikuti program beasiswa yang lain. Apalagi Di Universitas Indonesia(UI) banyak sekali program Beasiswa / Scholarships. atau anda bisa mengikuti informasi tentang beasiswa di milis beasiswa yahoo : groups.yahoo.com/group/beasiswa/

      Hapus
  7. Info beasiswa kemenkes 2013 apakah sudah ada pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahun 2013 sampai saat ini belum tunggau aja pertengahan tahun ini

      Hapus
  8. pg pak,,mw tnya pak apakh sy yg sedng kuliah bsa dpat dana dr kemenkes thun 2013,,sy PNS daerah di NTT,YG bkerja dRSUD,,SKRNG sdng kuliah dFKM Unair,,sy g dapt dana dr pemda n propinsi,,sy biaya sndri,,trims,,balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak sy lulusan S1 Laboratorium kesehatan, bekerja di Dinkes prov kalbar, masih bingung peminatan S2 nya pak, mohon saran, trims

      Hapus
  9. maaf pak mau naya...kalau untuk tahun 2013 kapan ya pengumumannya,
    tre saya mau sharing ne..saya dari SKM prodi K3 sya dinas di RSUD Sanggau Kalbar...kira2 utk program beasiswa kemenkes ini saya bisa daftar untuk ambil apa ya?
    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Pengumuman Program tahun 2013 biasanya di blan sama dengan tahun 2012 sekitar bulan Mei Juni tahun ini. sering2 lihat informasinya. di web resminya. atau InsyaAllah saya juga akan posting Informasinya di Blog ini .. di tunggu saja.
      Kalo untuk program S2 sesuaikan dengan Program tersedia yang sesui dengan Pendidikan terakhir anda.

      Hapus
  10. maaf pak mau tanya,sy lulusan DIII Analis kesehatan,bekerja di rmh skit umum pagar alam sumsel dan sdh bekerja kurang lebih 6 th,sy mau lanjutkan ke DIV pak,krn klo tuk tubel dana apbd sprtinya susah,tuk izin belajar malah lebih susah lgi,jdi sy mau ikut daftar tubel DIV mitra spesialis kemenkes ini,Gimana caranya pak,mohon bantuanya






    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahun 2012 program DIV dari Analis Kesehatan sudah ada. Berdoa saja tahun ini juga di buka. untuk caranya tunggu dulu informasinya... biasanya di umumkan oleh BPPSDMK Kemenkes RI di Pertengahan tahun.
      Untuk caranya nanti dilihat aja Persyaratan Penerimaan Program. Untuk saat ini belum di buka Programnya.. di tunggu aja..

      Hapus
  11. evi septharia1 Maret 2013 13.37

    pak...sy mau tanya,apakah S2 jurusan promosi kesehatan terbuka untuk beasiswa tubel kemenkes 2013 ini,trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Tubel Kemenkes 2013 saat ini belum di umumkan jadibelum tau formasi yang tersedia. ditunggu saja pertengahan tahun ini.

      Hapus
  12. Pak terimakasih infonya sangat membantu sekali...
    Pak mau tanya; saya perawat pns di rsud lamandau kalteng,kebetulan rs kami baru akan buka kamar oprasi bulan mei tahun ini, yang mau sy tanyakan jika saya mengambil peminatan dIV KAR (anestesi) apakah bisa?padahal salah satu syarat sdh berkerja di kamar operasi minimal 2tahun,tetapi tenaga perawat anestesi sangat dibutuhkan.
    Mohon saran dan pencerahan,terimakasih banyak

    BalasHapus
  13. Persyaratan untuk Peminatan DIV anestesi dan Reanimasi memang salah satunya ada surat keterangan dari Direktur RS bahwa yang bersangkutan minimal sudah bekerja di kamar operasi minimal 2 tahun.
    Untuk penentuan bisa tidaknya lolos dalam program tersebut tergantung badan diklat. Mungkin perlu di beri lampiran surat keterangan direktur Rumah sakit bahwa RS membutuhkan sekali tenaga anestesi melalui Dinas Kesehatan Propinsi.
    Ada Alternatif lain untuk Pengadaan Tenaga Perawat Anestesi di Rumah sakit anda, mungkin saran saya sebagai berikut :
    1. Mengikuti Program tugas belajar DIV anestesi melalui Jalur Tugas belajar KemenKes RI seperti Di Atas.
    2. Mengikuti Tugas Belajar dengan Biaya Pemerintah Kabupaten dengan Mengikuti Program Reguler di Pendidikan DIV anestesi. dalam hal ini Peserta mengikuti tes ujuan masuk seperti mahasiswa reguler tetapi biaya di tanggung Pemerintah Kabupaten Bukan Kemenkes.
    3. Rumah sakit mengirimkan Diklat (Pendidikan dan Latihan) Penata Anastesi (Biasanya lamanya 6 bulan untuk anestesi dasar) Coba cari Informasi dari teman sejawat di rumah sakit yang sudah mempunyai perawat penata anestesi
    4. Rumah sakit Mengirimkan Magang Keperawatan Anestesi di rumah sakit yang bersedia menerima

    Mungkin itu saran saya. untuk kebutuhan perawat anestesi mendesak saya menyarankan mengikuti diklat penata anestesi karena waktunya cuma 6 bulan. Kalau mengikuti Program DIV membutuhkan waktu 3 semester (18 bulan) jadi lebih lama dan proses seleksi juga relatif tidak mudah.
    Semoga Membantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak saya fisioterapi di rsud rokan hulu riau. saya pns sdh 8 thn, juni tahun lalu saya kuliah d4 fisioterapi biaya sendiri. apakah ada beasiswa s2 fisioterapi pak? trims

      Hapus
    2. Untuk tahun ini belum di umumkan beasiswa dari PPSDM Kemenkes di tunggu dulu pengumumannya , biasanya pertengahan tahun ini..

      Hapus
    3. pa, sy dirusd sukamara lulusan d3 elektromedik thn 2010 yg dibiayai pemda setempat, apakah tahun nei sy bs ikut yg dibeasiswa kemenkes

      Hapus
  14. Assalammu'alaikum,salam kenal pak Tegar.Saya calon peserta tugas belajar dengan progam peminatan DIV Reanimasi Anestesi tahun2013/2014,Apa benar pak utk progam reanimasi DIV Anestesi tahun ini telah ditutup sementara berkas2 yang saya miliki dari rumah sakit dan surat persetujuan tubel dari BKD Pemprov KALTIM sudah kelar pak.
    Masi adakah peluang saya ingin jadi mahasiswa DIV reanimasi anestesi dengan berbekal berkas2 tersebut,mengingat kesempatan ini tidak datang dua kali pak,atas bantuanya saya ucapkan terimakasi pak

    BalasHapus
  15. pak.. kenapa utk tugas belajar diutamakan yang bekerja diunit pusat, kenapa tidak disamaratakan saja pusat dan daerah....

    BalasHapus
  16. Selamat pagi pak, saya seorang S.Kep + Ns. Apakah dalam mengikuti tubel bisa mengambil S2 keperawatan? mengingat S2 Keperawatan tsb ditempuh lewat 2 periode yaitu periode pertama adalah Science (M.Sc) dan periode kedua adalah peminatan (spesialis). Mengingat tubel S1 Keperawatan hanya sampai pada S1-nya saja, tanpa profesi (Ns). Trmksh.

    BalasHapus
  17. Wah, kenapa syaratnya harus 3 tahun stlh selesai pendidikan tubel /ijin belajar?,..kasian yang ijin belajar kan dulu biaya sendiri,..kalo dulu nya tubel sih g mslh,..:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,..harus nya di berlakukan buat yang sebelumnya tubel aja,..jangan yang Izin,.. ga ada kebijakan kah buat yg izin,..misal 2 tahun aja ,..??

      Hapus
  18. Pak, Saya PNS daerah di Sulsel gol IIIb ingin melanjutkan pendidikan S2 keperawatan tahun 2013.tapi di Kab. kami tidak mengeluarkan Surat keterangan tugas belajar hanya izin belajar bgm menurut bpk ? mohon solusinya

    BalasHapus
  19. esty chabellenz21 Mei 2013 10.39

    salam
    tahun 2012 surat edaran tgl 15 mei, koq smpe dngan tgl 21 mei, blm ada pngumuman tubel ntuk thn 2013 nya pak??????

    BalasHapus
  20. Ada edaran ttg pembatasan usia peserta Tubel, salah satunya bila melanjutkan S2 min usia 37th. Nahdaya tubel lulus tahun 2011, kalau mesti nunggu 3 th lagi usia saya udah lewat 37th, sedih banget! Beberapa hari ini situr resmi PPSDMK tidak bisa dibuka, info dr twitter situs mereka kena hack! Masih bingung dan ingin mempertanyakan batasan usia minimal Tubel ini, pengen kuliah jadi berbentutan sama aturan :(

    BalasHapus
  21. pak... saya d3 gizi d rsud kab.tebo,jambi,d kab.kami cma satu s.1 giziny dlm kabupaten pk,pak... bsa kah km ambil program u s1 pak n dbagian gizi,jka ada u itu pk,kmpus mana yg krjasama dg kemenkes u jurusan ini pk,krn tahun kmaren saya bahn saja tdk lulus,carany bagaimna y pk?

    BalasHapus
  22. askum
    pak knp info tubelnya blum ada yah??????

    BalasHapus
  23. pak untuk tubel tahun 2013 kok untuk jurusan s1-nya usia maksimal harus 25 th. kita jadi gak bisa ngikut daftar nih pak

    BalasHapus
  24. Apakah tubel utk thn 2013 sdh diumumkna ngeh pak, mtrswn

    BalasHapus
  25. udah masuk oktober kok belum ada info beasiswa untuk 2013 ya ???

    BalasHapus
  26. DIII KE DIV Anesthesi TA.2014 ada gak ya pak??? trus dmn??? thx

    BalasHapus
  27. sy sdh 42 th, mau ambil d4 kesling masih bisa ga yaaa..?

    BalasHapus