Catatan Pengalaman Hidupku dan Berbagi Informasi Menarik

Antena WI-FI penangkap hotspot dirumahku

Gagal mendapat free internet alias internet gratis di hotspot gara-gara gak tahu password Wpa2 PSK di postingan sebelumnya. Aku gak menyerah begitu saja. Masih ada cara lain kayaknya Cara itu yaitu meningkatkan kualitas penerimaan usb wifi adapter dengan menambahkan antena.


Setelah browsing kesana kemari mencari cara membuat antenna wi-fi karena akhirnya ketemu cara membuat antenna wajan bolic. Ini hasil browsing aku gambar antenna wajan bolic.


Antena Wajan Bolic

Tapi setelah melihat bahan dan untuk membuatnya gak ada di rumahku. Seperti harus membeli paralon dan sebagainya. Akhirnya mencoba kreasi sendiri bikin antena payung. Ku coba membuat antena sendiri untuk dapat menerima sinyal hotspot dari rumahku. Dengan berbekal peralatan sederhana akhirnya ku memodifikasi payung bututku menjadi sebuah antena layaknya antenna parabola tapi untuk penangkap sinyal wireless atau access point. Haya menambahkan jaring kawat untuk bahan parabola yang kubeli di toko bangunan dan kawat sisa hasil membuat gantungan jilbab. Ini hasil kreasiku :

Wireles antena kreasiku

Wireles antena kreasiku
 Dengan antenna payung tersebut akhirnya aku mendapat 4 SSID atau Sinyal hotspot yang sampai rumah aku. Seperti gambar di bawah hasilnya setelah pakai antenna payung

Signal wifi sebelum pakai antena
Signal wifi setelah pakai antena

Dan dengan rasa gembira 2 diantara 4 sinyal hotspot itu ternyata tidak berpassword. Langsung deh aku koneksikan ke hotspot tersebut. Dan akhirnya dapat deh berinternet gratis. Semoga gak di password seterusnya.. he..

Kucoba ke SSID kedua.. bisa connect . tapi sayang ada tipe password lain.. setelah membuka browser. Seperti penampakan di bawah.

Hotspot Browser Password

 Tapi tetep senang deh walau cuman dapet satu.. aku bisa berinternet gratis dengan antenna wifi kreasiku..

thumbnail Title: Antena WI-FI penangkap hotspot dirumahku
Posted by: Tegar Firdaus
Published : 2012-04-12T20:32:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Antena WI-FI penangkap hotspot dirumahku

26 komentar :

  1. terima kasih pak atas tutorialnya

    BalasHapus
  2. Wah, semacam wajan bolic tapi ini mungkin lebih besar ya! Bagus dan kreatif. :)

    BalasHapus
  3. coba sekalian cara, dengan tutoral cara cracking passwordnya.. lengkap deh ;-)
    terimakasih, share nya. hebat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Tutorial cracking Password dah banyak yang mengupas... lagian Takut juga ngebahasnya.. takut melanggar TOS ...

      Hapus
    2. mas aq mau tanya nie,aku bru z bli audio vidio sender.disingkat av sender.1 penerima dan satu pengirim.untuk digunakan pengirim sebagai handycam dan penerima televisi.nmun jaraknya hanya 100mtr.kira"bisa gak di kasih kabal panjang dan dimodif agar daya penerima lebih jauh.mohon solusi.ke email saya karna tkut lupa masuk ke blok ini.rahmat_salsabilla@yahoo.co.id

      Hapus
  4. habis bverapa untuk membuat antena itu??

    BalasHapus
  5. karena hanya antena wifi dengan bahan jaring kawat untuk bahan parabola dan kawat dengan diameter 2-3 mm gak sampai 50 ribu dah jadi, yang lumayan mahal USB extension dengan panjang 5 meter harganya antara 25-30 rb

    BalasHapus
  6. bgus ni inponya..
    ntar tak cba deh ditmptku..
    oh iya,blog kmu sdh sya follow bang,follback ya
    thanks..

    Harum MF

    BalasHapus
  7. USB extensionnya mahal amat bang Tegar? saya beli di Bandung yang 10 meter harganya Rp 18rb

    BAng, bisa bikin artikel tentang cara bikinnya ga? Saya pengen nyoba bikin juga, klo ada beritahu saya ya. terima kasih :)

    Saya tunggu ya artikel bagaimana cara membuat antena buatan bang Tegar (^_^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya Gak Perlu tutorial khusus buat antena ini. tapi kapan2 kalo ada waktu juga gak ada salahnya sih di bahas. pada prinsipnya kain pada payung di ganti dengan kawat jaring untuk parabola. Terus USB WIFI adapter di taruh di pegangan payung. kalo bisa payung yang pegangannya bisa di panjang pendeknya, supaya dapat mudah diatur posisi tepatnya untuk memperoleh sinyal yang paling baik. kemudian untuk memperkuat di kasih kawat melingkar di jari-jari payung. udah deh beres.
      untuk harga karena aku di kota kecil mungkin lebih mahal. dan itu harga setahun yang lalu saat aku posting tentang hal ini. Kalo sekarang lebih murah juga gak tahu.
      Yang jelas sampai hari ini antena yang kubuat masih saya gunakan dan malah semakin banyak juga SSID yang di dapatkan karena ada beberapa Hotspot baru yang Muncul.

      Hapus
  8. Kalau dapat sinyal banyak tapi di password semua. kebanyakan password Wpa 2 PSK bisa gak di tembus. Kalo bisa tutorialnya dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menembus password WPA 2 PSK banyak kok temen2 blogger yang udah ngasih tutorialnya. coba search aja di Google dengan keyword "Menembus password WPA 2 PSK"
      Maaf saya gak bisa membahasnya di sini. takut melanggar TOS (Term Of Service) lagian aku dah nyoba beberapa kali pakai backtrack dan belum juga berhasil. :P

      Hapus
  9. Ngelihat gambarnya sih keren mas,tp ini saya nyoba bkin antenanya malah ancur e,payung udah saya lepas kain nya,kawat parabola udah beli,tp masangnya gagal..hahaha..mungkin sayanya aj a yang ga bakat bkin kerajinan tangan..kira2 kalo tidak merepotkan bisakah dikasi gambar yg jelas ato skalian stepnya?ini saya masang kawat ga beres2,ta potong2 kecil2 juga ga bsa kpasang..hahaha..ancur lah pokokmen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa mas..
      Antena saya sampai sekarang masih nangkring di atas rumah kok. oya jangan lupa kasih kawat diameter 0,4 mm melingkar di jari2 payung. semakin banyak semakin baik, di gambar saya di atas itu saya pasang 4 kawat melingkar. dari lingkaran kecil di pangkal sampai di pinggiran payung.
      Sebenarnya pas saya buat dulu mau tak foto langkah-langkah pembuatan antena wifi ini, cuman dulu gak berencana tak posting di blog ini. jadi terlanjur udah jadi dan terpasang diatap rumah.
      Prinsipnya agar payung tidak mingkup(bahasa jawa) atau mungkin bahasa indonesianya menutup. wajib di beri kawat melingkar di jari jari payung.
      coba aja di perbaiki kembali antena yang mas alex buat dengan menguatkan jari-jari payung dengan kawat melingkar.
      Mohon maaf belum bisa kasih gambar yang sangat detail. amati aja gambar di atas. saya yakin bisa kok
      Jangan pantang menyerah. he..

      Hapus
    2. Haha.. okai2.. saya nyoba attach gambarnya tapi susah e. jadi ta upload sementara ke wstaw
      http://wstaw.org/m/2013/03/23/22032013_154014.jpg
      http://wstaw.org/m/2013/03/23/22032013_144901.jpg

      itu dibikinnya pake satu lembar jaring kawat to dipotong kecil-kecil to?

      Hapus
    3. Secara teknis pembuatannya terserah aja. yang penting kawat jaring parabola menutupi seluruh permukaan pyung, kalau saya saya bikin dari kertas dulu di potok sesuai bidang antar jari-jari payung. kemudian hasil potongan pola dari kertas di bikin di jaring parabolanya.
      di coba aja mas alex ... kalo telaten pasti jadi kok..

      Hapus
  10. Ak ya arep gawe kaya ngene tapi isih rada bingung...mantep antenane...
    Kwi kabel usb ekstendere gawean dw apa tuku dadi mas terus panjange kabel pirang meter saka komputer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. USB extension punya saya panjangnya 5meter.. beli di toko komputer ada kok

      Hapus
  11. cara meyambungkan USB exention nya dimana dan bagaimana gan?

    BalasHapus
  12. bisa sampai radius berapa itu...?

    BalasHapus
  13. Weh, mantep. Bisa dicoba tuch.. Tks Bro.

    BalasHapus
  14. kalo untuk yang langsung dari laptop? rencanyanya saya mau keluarkan antena penerimanya terus dipasang di atap rumah. ada gak tutorial nya? thanks agan agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini untuk Wifi USB..gan... bukan wifi yang Built up di laptop

      Hapus
  15. yang mau praktis monggo mampir

    http://antenawajanbolikmurahberkwalitas.blogspot.com/

    thx
    fajar

    BalasHapus
  16. gimana cara buatnya kak..?
    padahal aku pengen sekali buat antena payung tapi ga ada tutorialnya...jadi bingung deh..kalo bisa kasih tutorialnya dong ^_^
    terus USB extension tuh apa..?
    apa USB extension kabel USB..?

    BalasHapus